Senin, 25 Januari 2010

Kelola Sampah dengan Bijak

Issue aktual akhir-akhir ini adalah bagaimana mengelola sampah dengan baik. Apa sih maksudnya? Kayaknya muluk-muluk amat ya, sampah aja mesti dikelola? Yah, memang sampah mesti dikelola dengan baik agar tidak mencemari lingkungan. Bagaimana caranya?

1. Lakukan pemilahan sampah organik dan an-organik.
Sampah organik adalah sampah yang akan membusuk karena bisa diurai oleh bakteri. Sedangkan sampah an-organik adalah sampah yang bisa didaur ulang seperti plastik,  bekas kaleng minuman, styrofoam.

2. Sampah yang sudah dipilah tersebut akan memudahkan pemilahan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA), lagipula pemulung dapat langsung mengambil sampah an-organik untuk dikumpulkan kepada pengumpul barang bekas.

3. Kalau anda rajin memilah-milah sampah an-organik, maka anda akan mendapatkan nilai jual terhadap sampah tersebut. Sampah kertas dihargai sekitar 500 perak per kilonya. Demikian juga sampah plastik bisa dihargai 700 perak per kilo.

Nah, ternyata sampah juga punya nilai jual ya? Kalau anda rajin mngumpulin barang bekas di rumah, anda bisa mendapatkan sedikit rupiah dari sampah. Tapi kedengarannya aneh ya? Meraup sedikit rupiah yang cuma beberapa perak dari sampah. Jangan berfikir negatif dulu. Yang jelas, sampah yang bisa didaur ulang masih bisa diciptakan untuk menghasilkan barang-barang yang bisa dimanfaatkan kembali. Contohnya, ember daur ulang, botol daur ulang, wadah kotak daur ulang, dsb.

Masih apatis dengan sampah? Jangan dong! Mari kita wujudkan bersama lingkungan asri bebas sampah.

12 komentar:

  1. atau..berikan saja kardus yg tidak terpakai dan botol2 tak dipakai utk para pemulung. anggap aja menyumbang mereka ya

    BalasHapus
  2. mau dpt novel gratis? ikut lomba yuk
    http://just-fatamorgana.blogspot.com/2010/04/hibah-novel-menyambut-postingan-ke-1000.html

    BalasHapus
  3. cerpennya udah saya terima ya. nanti dibaca dulu. tks

    BalasHapus
  4. Rita, cerpennya sudah saya periksa. tapi tiba2 word saya hang. jadi data hilang.bisa dikirim lagi? saya belum sempat save.

    BalasHapus
  5. lomba review blognya sebulan kok sampai tgl 10 mei. masih ada wkt. hehe..btw, boleh aja kamu kirim cerpenmu yg kemarin itu ke majalah tapi harus ditambah halamannya ya.biasanya minimal 5 halaman. huruf times new roman, ukuran 12.

    BalasHapus
  6. iya, Rita...nanti kalo udah selesai melancongnya pasti diposting kok. tempatnya masih rhs nih. hhehee

    BalasHapus
  7. saya belum melakukan yang ini...padahal penting sekali

    BalasHapus
  8. Sampah memang seharusnya dipilah-pilah ya Mak :)

    BalasHapus
  9. kadang ada kata malas karena hanya dinilai 700perak perkilo nya

    BalasHapus
  10. aku masih banyak sampah majalah bekas niic, boleh dikiloin y

    BalasHapus